Dokter dan Pedagang

Pernah mendengar tentang 4 Kuadran Profesi yang dipopulerkan oleh Robert Kiyosaki? Profesi dokter umumnya termasuk di kelompok Employee (pegawai) yang bekerja di sebuah klinik atau rumah sakit dan menerima gaji setiap bulannya. Ada juga dokter yang membuka praktik pribadi, yang ini termasuk kelompok Self-employed. Kedua kelompok ini memiliki persamaan, mereka sama-sama menukarkan waktu mereka dengan uang. Ketika mereka tidak bekerja, maka mereka juga akan berhenti memperoleh penghasilan. Inti dari kuadran profesi ini adalah sebuah motivasi agar kita bisa bergeser ke kuadran lainnya yaitu sebagai Business Owner yang mulai mempekerjakan orang lain (sebagai pemilik klinik misalnya) dan Investor yang membeli aset seperti saham perusahaan.

Menjadi dokter itu baik, menjadi pedagang itu juga baik. Tapi jangan menjadi dokter yang ‘memperdagangkan’ kedokterannya.

Anonim

Pernah dengar ungkapan di atas? Bukan berarti dokter yang menerima jasa medis telah “memperdagangkan kedokterannya” lho. Jangan salah, menerima jasa medis termasuk hak dokter kok. Yang dimaksud ‘memperdagangkan kedokterannya’ lebih berhubungan dengan etika dan profesionalisme seorang dokter. Memang sulit dihitam-putihkan. Akan lebih baik jika ditimbang dengan rasa.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *